Minggu, 13 November 2011

Haki

Haki

1. Tentang Haki
Haki adalah sebuah kekuatan misterius yang ditemukan di setiap makhluk hidup di dunia One Piece. Hal ini tidak jauh berbeda dari indera normal. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari atau tidak bisa untuk membangunkannya. Secara umum, ada dua jenis Haki bagi semua orang, diberikan dengan pelatihan yang tepat. Namun, ada jenis haki yang ketiga dan hanya kelompok tertentu "yang dipilih" yang bisa memiliki haki ini.

Silvers Rayleigh menjelaskan Haki ke Luffy pada awal pelatihan:
"'Haki' adalah sebuah kekuatan yang tertidur dalam semua makhluk di dunia ... 'Kehadiran', 'semangat juang' dan 'intimidasi' ... Hal ini tidak berbeda dari hal-hal yang manusia alami dan bisa merasakan seperti ini ... 'Tindakan tidak meragukan'. Itu adalah kekuatan! "

Haki, yang tidak disebutkan namanya pada waktu itu, pertama kali terlihat saat Shanks menggunakannya Kepada Lord of the Coast untuk menyelamatkan Luffy ketika ia masih seorang anak dari Raja Laut. Istilah "Haki" pertama kali diciptakan dan banyak digunakan ketika Blackbeard sedang mengomentari Bounty Luffy di kejayaannya dan mengisyaratkan selama kunjungan Shanks dengan Whitebeard.
Konsep yang mendasari Haki diperkenalkan selama di Kepulauan Sabaody dan Amazon Lily Arcs. Konsep tersebut jelas dijelaskan oleh Rayleigh kepada Luffy pada awal pelatihan di Pulau Rusukaina.
Haki yang tertidur di dalam setiap orang yang hidup, tapi jarang bagi kebanyakan orang yang pernah membangkitkan kemampuan itu. pelatihan Intense dapat membangkitkan itu, seperti terkejut yang ekstrim, contohnya ketika Coby di pertempuran Marineford atau AISA yang tampaknya telah dikembangkan secara alami di bawah kekuasaan Enel yang keras.

Sejauh ini karakter yang telah menunjukan Haki adalah:
  1. Coby
  2. Semua pengguna Mantra
  3. Edward Newgate
  4. Jozu
  5. suku Kuja
  6. Monkey D. Luffy
  7. Monkey D. GARP
  8. Marco
  9. Marinir dengan pangkat Wakil Laksamanal dan ke atas
  10. Otohime
  11. Portgas D. Ace
  12. Silvers Rayleigh
  13. Sentomaru
  14. Shanks
  15. Vista

2. Jenis Haki
Haki dipisahkan menjadi tiga kategori:
Kenbunshoku Haki, yang memberikan pengguna indra keenam tentang dunia di sekitar mereka dan kemampuan precognitive terbatas.
Busoshoku Haki, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan semangat mereka sebagai perisai untuk mempertahankan diri dari serangan atau untuk membuat serangan mereka sendiri lebih ampuh.
Haoshoku Haki, jenis Haki yang langka, hanya satu dari jutaan yang dapat menggunakan jenis ini dan memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengalahkan orang lain.

Kebanyakan orang yang dapat menggunakan Haki mereka cenderung memiliki tipe lebih baik dan sebagai fokus untuk menghasilkan tipe itu. Namun, seseorang dapat meningkatkan kemampuan mereka dengan semua jenis Haki, itu membutuhkan lebih banyak kerja keras.

a. Kenbunshoku Haki
Kenbunshoku Haki (Secara harfiah berarti "Warna Observasi"), juga dikenal sebagai Mantra di Skypiea, adalah bentuk Haki yang memungkinkan pengguna untuk merasakan kehadiran orang lain, bahkan jika mereka tersembunyi dari pandangan atau terlalu jauh untuk dilihat secara alami. Bila menggunakan jenis Haki ini, seseorang dapat memprediksi gerakan lawan lama sebelum mereka mengeluarkannya, sehingga membuat serangan lebih mudah untuk dihindari. Prediksi ini muncul kepada pengguna sebagai sebuah gambar atau firasat tentang apa yang akan lawan lakukan dalam mata pikiran pengguna. Pengguna dapat memprediksikan gerakan musuh.
Pertama kali diperkenalkan dengan nama Mantra ketika Satori menggunakannya untuk melawan Sanji, Luffy, dan Usopp saat mereka pergi melalui Ordeal of Balls. AISA merupakan satu-satunya yang mengetahui bahwa Shandian yang memiliki kemampuan ini. Ia melayani ketika sedang membantu Luffy mencari Enel. Ini bervariasi dalam kekuatan antara pengguna, dengan Enel yang menjadi terkuat. Dengan buah iblisnya, Goro Goro no Mi, Enel bisa mengambil gelombang elektromagnetik, sehingga dia bisa mendengar percakapan dari segala sesuatu di sekitarnya. Ini memperluas jarak Mantranya untuk menutupi semua Skypiea. Sebagai perbandingan, kebanyakan pendeta lain hanya bisa melacak orang dekatnya.
Pertama kali itu terlihat menggunakan Haki pada saat selama pertempuran Luffy di Amazon Lily dengan Boa Sisters. Kemudian, Rayleigh menjelaskan Haki ke Luffy dan menegaskan bahwa "Mantra" adalah nama Skypiean untuk kemampuan. Stres karena Perang Marineford membangunkan Kenbunshoku Haki Coby, sehingga dia mendengar suara dari Marinir sekarat menghilang. Mantra AISA bekerja dalam banyak cara yang sama, seperti yang ditunjukkan selama Enel's Survival Game. Luffy menunjukkan rasa precognitive selama pertempuran dengan Dracule Mihawk, menghentikan sendiri pertengahan-strike setelah menyadari bahwa Mihawk akan memotong tangannya. Setelah waktu yang lama, Luffy menghindari peluru pada jarak dekat, dan tembakan sinar dari lengan Pacifista dengan Luffy mengklaim itu menjadi "lambat". Ini merupakan petunjuk bahwa ia telah cukup mengontrol kemampuan kecepatan melebihi laser. Hal ini terbukti ketika ia melihat Rayleigh duduk dan menonton di akar Grove Sabaody yang jauh.
Meskipun teknik ini memungkinkan pengguna untuk memprediksi serangan, dapat dielakkan dengan berbagai cara. Itu tidak bisa memprediksi inheren serangan acak, misalnya, Luffy berhasil memotong Mantra Enel dengan memantulkan tinjunya dari dinding terdekat, untuk mencegah dirinya sendiri dan dengan demikian Enel mengetahui di mana mereka akan mendarat. Mengikat dengan ketidakmampuan untuk mendeteksi serangan acak, Kenbunshoku Haki tampaknya terkait dengan kesadaran sendiri, target diri dan lingkungannya. Enel gagal untuk membedakan kehadiran Luffy dalam Nola ular raksasa, hanya mendeteksi setelah dia melarikan diri. Ini juga tidak membuat para pengguna lebih cepat dari biasanya, sehingga pengguna untuk menghindari tergantung pada kecepatan mereka. Enel tidak dapat menghindari gerakan Luffy karena bergerak terlalu cepat. Demikian juga, Gear Second Luffy mampu melebihi Boa Sandersonia, meskipun kemampuannya untuk membaca gerakannya. Hal ini juga tampaknya pengguna bisa kehilangan konsentrasi mereka. Satori kehilangan kontrol Mantra ketika Luffy tiba-tiba membawa peledak bola kepada dia, memungkinkan Luffy untuk mengambil dia dari belakang ketika asap itu hilang, dan Gedatsu kalah oleh Chopper karena ia kehilangan konsentrasi dan Mantranya tersendat.

Pengguna Kenbunshoku Haki yang di ketahui :
Sejauh ini, hanya mereka yang telah diketahui yang bisa menggunakan jenis Haki ini.
  1. AISA
  2. Boa Sandersonia
  3. Coby
  4. Edward Newgate
  5. Enel
  6. Gedatsu
  7. Monkey D. Luffy
  8. Ohm
  9. Otohime
  10. Satori
  11. Syura
  12. Silvers Rayleigh

b. Busoshoku Haki
Busoshoku Haki (Secara harfiah berarti "Warna Peralatan Perang") memungkinkan pengguna untuk menciptakan kekuatan mirip dengan armor tak terlihat di sekitar mereka, mirip dengan Tekkai. Ini memungkinkan pengguna untuk mempertahankan terhadap serangan yang membahayakan. Hanya kekuatan fisik yang signifikan yang dapat mengatasi pertahanan ini, misalnya, Luffy mencolok Boa Marigold cukup keras dengan teknik Gear Second untuk membuat dia terguncang. armor yang tidak dapat terlihat dapat berubah menjadi banyak wujud, seperti Luffy ketika mengeraskan tinjunya ke titik di mana ia berubah warna.
Dengan pelatihan, dapat lebih diasah menjadi senjata yang dapat digunakan untuk menyerang orang lain. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan serangan pengguna, kekuatan pengguna seperti serangan brutal atau untuk meningkatkan efektivitas mereka. Setiap serangan ditingkatkan dengan Busoshoku Haki serangan sangat sulit daripada biasanya tanpa itu. Panah Haki Kuja misalnya, mampu menembus batu yang kokoh.
Haki jenis ini juga memiliki kemampuan untuk memotong kekuasaan pengguna Buah Iblis, menyentuh "tubuh substansial" di bawah perlindungan yang disediakan buah iblis apa pun, seperti kasus mengubah tubuh Buah Iblis pengguna Logia. Busoshoku Haki bekerja secara independen dari pengguna Buah Iblis, seperti yang ditunjukkan Luffy saat menggunakannya untuk meningkatkan serangan Gear Thirdnya di bawah air. Jenis Haki ini mungkin tidak dipersenjatai untuk menyerang  yang bukan dari tubuh seseorang kecuali senjata (seperti laser balok Kizaru, api Marco atau serangan Logia lainnya). Jadi, mereka yang melakukan serangan dengan bagian-bagian tubuh mereka dapat menggabungkan Haki mereka dan kekuasaan Buah Iblis.

Teknik
Busoshoku: Koka (Warna Peralatan Perang: Pengerasan) Digunakan oleh Luffy dengan berkonsentrasi pada Busoshoku Haki ke dalam tubuhnya (atau bagian tubuh lainnya) untuk mengeras itu, tampaknya dengan efektif  seperti bentuk karet . Ini pertama kali terlihat digunakan oleh Monkey D. Luffy, dalam kombinasi dengan Gear Third, seperti menggunakan Gomu Gomu no Elephant Gun melawan Kraken. Lengan menjadi hitam dan mengkilap, seperti karet vulkanisir yang sebenarnya, dan terutama tidak menyebabkan efek samping ketika Gear Third di keluarkan.

Pengguna Busoshoku Haki
Sejauh ini, hanya mereka yang telah diketahui yang bisa menggunakan jenis Haki ini.
  1. Akainu
  2. Aokiji
  3. Boa Hancock
  4. Boa Marigold
  5. Boa Sandersonia
  6. Benn Beckman
  7. Edward Newgate
  8. Jozu
  9. Kizaru
  10. Marco
  11. Monkey D. Garp
  12. Monkey D. Luffy
  13. Sentomaru
  14. Shanks
  15. Silvers Rayleigh
  16. Vista

c. Haoshoku Haki
Haoshoku Haki (Secara harfiah berarti "Warna Raja Penakluk") adalah bentuk Haki yang jarang yang tidak dapat dicapai melalui pelatihan dan hanya satu dalam satu juta orang yang memilikinya. Ini pertama kali ditunjukkan oleh Shanks, ketika ia menggunakannya untuk menakut-nakuti Raja Laut. Kemudian, selama pertemuan dengan Whitebeard, ia menggunakannya untuk melumpuhkan sebagian besar kru dan menyebabkan kerusakan fisik pada Moby Dick, tapi beberapa masih bisa berdiri yang meliliki kekuatan Haki. Luffy pertama kali menampilkan jenis Haki ini ketika melawan banteng Duval, Motobaro, semua orang kebingungan. Dia menampilkannya lagi di Amazon Lily ketika melawan saudara-saudara Boa, merobohkan sebagian besar penonton yang sedang melihat pertandingan, meskipun mereka semua terbiasa dengan penggunaan Haki. Ini juga merupakan pertama kali disebut dengan nama. Pertandingan Luffy selama Perang Marineford itu telah cukup bagi Admiral Marine untuk waspada terhadap dia bahwa mereka memprioritaskan eliminasinya setelah itu.
Setelah time skip, Luffy cukup mahir menjinakkan monster, serta melumpuhkan sekelompok individu yang dipilih tanpa mempengaruhi setiap orang disana yang menggunakan Haoushoku Haki, menampilkan kemampuan barunya di skillnya tersebut.
Jenis Grants Haki membuat kemampuan pengguna untuk mengalahkan kemauan orang lain. Penggunaan yang paling umum dalam seri sejauh ini mengetuk mereka dengan kemauan yang lemah dan tidak sadarkan diri. Sementara pengguna yang tidak berpengalaman dibatasi untuk hanya menaklukkan kemauan satu individu atau membabi buta untuk mengalahkan orang-orang yang lemah di sekitar mereka, mereka dengan keahlian lebih bisa memilih individu yang lemah dan berkemauan keras dalam sebuah kelompok besar dan mengetuk mereka keluar tanpa mempengaruhi orang di sekitar mereka. Namun, dengan kemauan yang lebih kuat dapat menolak atau bahkan mengabaikan efek dari Haoshoku Haki. Menurut Rayleigh, jenis Haki tidak dapat dicapai melalui pelatihan, hal itu dapat ditingkatkan melalui pelatihan, karena berkembang seperti berkembangnya semangat pengguna. Itu terlihat bahwa pada saat pemulihan, korban Haoshoku Haki mengalami sensasi menggigil disekitar tubuh mereka. Tapi akan normal kembali dalam periode yang singkat.

Pengguna Haoshoku Haki
Sejauh ini, hanya mereka yang telah diketahui yang bisa menggunakan jenis Haki ini.
  1. Boa Hancock
  2. Edward Newgate
  3. Monkey D. Luffy
  4. Portgas D. Ace
  5. Shanks
  6. Silvers Rayleigh

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...